Gorontalo Sulawesi

Gorontalo Sulawesi

Wisata Gorontalo

1. Air Terjun Tenilo
Kawasan wisata ini kurang mendapat perhatian dari pemerintah setempat, alhasil kodisinya sedikit tidak terawat. Jarang ada wisatawan yang berkunjung ke Air Terjun Tenilo, padahal pesona alamnya tidak kalah bagus. Namun sekalinya berlibur di destinasi alam ini Anda dijamin betah dan ingin berlama-lama. Sayangnya potensi tersebut masih belum menyentuh masyarakat luar.

Air terjun ini berlokasi di Kecamatan Tilamuta tepatnya di Desa Tenilo, Kabupaten Boalemo. Jaraknya kurang lebih 200 meter apabila berangkat dari pemukiman penduduk. Kondisi wisatanya cukup memprihatinkan, hal ini disebabkan adanya perluasan areal perkebunan. Dampak dari aktivitas perkebunan ini membuat cadangan air semakin berkurang, sehingga debit air terjun kecil.
 
Meskipun ekosistemnya mulai memburuk namun kecantikan air terjun tidak berubah. Anda akan menjumpai curug yang memiliki ketinggian sekitar 25 meter. Pemandangan sekitarnya sangat indah didukung udara sejuk, serta suasana alam yang nyaman untuk melepas penat. Di sekeliling batuan terdapat batuan yang bertumpuk sehingga air terjun terlihat gagah.

Ada kolam tampung tepat di bawah curug, jadi Anda bisa bebas bermain air disini. Debit air yang cenderung rendah membuat Anda tak perlu was-was saat berenang di kolamnya. Beberapa gazebo yang terdapat di sekitar air terjun bisa Anda gunakan untuk istirahat sejenak. Paduan pepohonan rimbun dan batu-batu berundak akan menjadi background foto yang instagramable.

Alamat: Jl. Desa Tenilo, Kec. Dulupi, Kab. Boalemo, Gorontalo.

2. Pulau Saronde
Membuka pembahasan mengenai aneka wisata yang terdapat pada kota Gorontalo akan di awali dengan sesuatu yang indah. Untuk awal akan di buka dengan Pulau Saronde yang merupakan pulau indah yang memiliki hamparan pasir putih indah di setiap sisinya. Selain keindahan daratan yang di miliki oleh pulau ini Anda juga dapat menikmati keindahan bawah airnya.

Hamparan karang yang masih terawat dan masih asri membuat mata Anda akan di majakan dengan ikan kecil yang bermain di antara karang. Tidak lengkap rasanya menikamati keindahan tempat tersebut tanpa di temani dengan kudapan. Jangan khawatir di tempat ini sudah ada beberapa warung yang khusus menyajikan makan khas untuk Anda.

Alamat: Kec. Ponelo Kepulauan, Kab. Gorontalo Utara, Gorontalo.

3. Benteng Otanaha
Salah satu peninggalan sejarah yang menjadi saksi bisu sejarah di Indonesia kala itu adalah Benteng Otanaha. Merupakan benteng pertahanan yang sengaja di buat dapat mengawasi sekitar hingga seluruh mata angin. Benteng ini di desain tinggi untuk dapat bertahan dari serangan musuh kala itu.

Sehingga kini ketika beberapa tahun Indonesia telah merdeka benteng tersebut telah beralih fungsi menjadi tempat wisata. Benteng ini menawarkan pemandangan indah yang ada pada sekelilingnya. Lokasi yang indah dan menawah tentunya membuat Anda betah untuk menenangkan pikiran di tempat ini.

Alamat: Jl. Usman Isa No.kelurahan, Dembe I, Kota Barat, Kota Gorontalo, Gorontalo.

4. Taman Laut Olele
Satu lagi keindahan laut yang di miliki oleh kota Gorontalo adalah taman laut olele yang dapat Anda kunjungi. Sedikit informasi bahwa di tempat ini merupakan surga bawah laut terutama bagi Anda yang menyukai olah raga diving. Hal ini juga di dukung dengan kondisi pasir putih serta pemadangan inda pada sekitar pantai tempat Anda menyelam.

Tidak kalah menarik adalah pada tempa ini terdapat beberapa karang endemik yang hanya ada di tempat ini. Tidak berhenti pada itu saja pada tempat ini terdapat beberapa tempat makan atau kuliner yang menyeajikan. Aneka masakan sea food yang bisa Anda nikmati bersama keuarga dengan menggunakan bumbu atau rempah-rempah daerah yang khas.

Alamat: Poduoma, Suwawa Timur, Olele, Bone Bolango, Kab. Bone Bolango, Gorontalo.

5. Pantai Botubarani
Tempat ini juga menjadi salah satu tempat wisata yang sayang jika Anda lewatkan ketika berkunjung ke Gorontalo. Mengingat pantai ini merupakan tempat persinggahan salah satu hewan eksotis bawah laut yaitu Hiu Paus. Hewan ini sering datang untuk mencari makan di tempat ini pada musim kemarau.

Nantinya Anda akan menggunakan perahu yang telah di sediakan oleh penduduk sekitar untuk menikmati keindahan bawah laut. Serta memberi makan dan bercengkraman dengan hiu yang terkenal jinak ini. Usahakan untuk membawa roti dan makanan ringan untuk memberi makan paus tersebut, ingat jangan buang sampah di laut.

Alamat: Kec. Kabila Bone, Kab. Bone Bolango, Gorontalo.

6. Pemandian Air Panas Lombongo
Setelah lelah menghabiskan waktu perjalan menuju Gorontalo ada baik Anda untuk menuju ke tempat ini. Yaitu Pemandian Air Panas Lombongo yang yang berjarak 17 km dari pusat kota. Disini Anda bisa menghabiskan waktu bermalas-malasan sementara waktu untuk melepas lelah dan merilekskan tubuh yang lelah.

Sumber air panas ini merupakan sumber alami yang berasal dari panas bumi, tentunya memilki kandungan tertentu yang dapat mengobati beberapa penyakit. Terutama penyakit kulit membandel Anda, selain itu pada tempat Anda pasti akan betah mengingat. Di sekeliling tempat ini memiliki pemandang alam yang indah.

Alamat: Kec. Suwawa, Kab. Bone Bolango, Gorontalo.

7. Masjid Walima Emas
Salah satu tempat yang wajib Anda kunjungi ketika sedang berada di kota ini adalah Masjid Walimah. Ketika tiba di kota ini dan ingin melaksanakan kewajiban agama ada baik menuju tempat ini. Karena selain menggugurkan kewajiban Anda juga akan mendapati pemandangan indah alam sekitar Masjid tersebut.

Mengingat lokasi berdirinya Masjid ini berada di atas bukit dengan tentunya hal tersebut secara tidak langsung. Serta suasana religius terasa sangat kental di tempat ini paling tidak hal tersebut dapat membantu mengurangi beban psikologis Anda. Tenang jauh dari keramaian yang menciptakan suasa syahdu yang tidak akan Anda dapatkan di semua tempat.

Alamat: Bongo, Batudaa Pantai, Gorontalo.


Sumber: https://www.celebes.co/tempat-wisata-gorontalo

Histats