Kota Gorontalo

Kota Gorontalo

Wisata Gorontalo

8. Bukit Layang
Bukit ini memiliki ketinggihan kurang dari 700 mdpl dengan kontur tanah yang relatif landai. Tempat ini sangat di sarankan untuk Anda kunjungi terutama ketika Anda ingi menikmati keinahan kota Gorontalo. Pada malam hari, dengan kemerlapan lampu dari jauh yang terlihat dari puncak bukit.
 
Membuat Anda betah dan nyaman berada di tempat ini, nantinya ketika mengunungi tempat ini. Usahakan membawa perlengkapan makanan dan tenda untuk berkemah menikati pemandangan alam sekitar. Tentunya tujuan berkemah pada tempat ini selain menikmati suasana malam hari Anda juga dapat menikmati keindahan kala matahari terbit.

Alamat: Kel. Siendeng, Kec. Hulonthalangi, Gorontalo.

9. Bukit Cinta
Bukit ini sedikit lebih rendah dari bukit layang tadi serta memiliki medan yang hampir sama cukup landai. Berada tidak jauh dari lokasi Pantai Botibarani membuat Anda dapat melihat birunya laut dari puncak bukit. Angin sepoi-sepoi yang serta pemandangan yang menawan membuat Anda dapat sedikit melupakan beban sehari hari.

Lokasi ini merupakan salah satu tempat yang sangat di gandrungi oleh muda-mudi kota Gorontalo. Karena pemandangan dan keindahan tempat ini sudah banyak di akui. Jadi mampir ke tempat ini yah kawan jika kalian berkunjung di kota Gorontalo.

Alamat: Botutonuo, Kabila Bone, Kab. Bone Bolango, Gorontalo.

10. Torosiaje
Torosiaje merupakan sebuah desa tradisional yang masih bertahan hingga saat ini di tengah gempuran kemajuan zaman. Desa tradisional ini milik Suku Bajo yang hingga saat ini masih terawat dan terjaga keasliannya. Anda dapat mengunjungi tempat ini untuk melihat dan memperlajari budaya lokal yang ada di tempat ini.

Tahukah Anda bahwa posisi desa ini merupakan desa terapung yang di bawahnya langsung bersentuhan dengan air laut. Unik bukan desa adat yang satu ini, hal tersebut berhubungan dengan kebiasaan masyarakat suku tersebut. Mengingat kebanyakan aktifitas dan cara melakukan mata pencaharian suku tersebut adalah melaut.

Alamat: Popayato, Kab. Pohuwato, Gorontalo.

11. Air Terjun Hiyaliyo Da’a
Sangat disayangkan bila Anda berkunjung ke Gorontalo tapi belum menginjakkan kaki disini. Air terjunnya diselimuti perbukitan hijau dengan hutan yang terbilang masih perawan. Bentuk curugnya cukup unik diimbangi dengan panorama alam yang menawan. Anda akan menjumpai air terjun dengan tebing berundak, serta bebatuan yang memanjakan mata.

Untuk menuju destinasi alam ini perlu melalui perjalanan yang panjang. Kemudian melewati hutan lindung yang masih alami dan asri. Jika berangkat dari pusat kota, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 160 kilometer. Kira-kira 4-5 jam menggunakan trasnportasi darat, barulah sampai di Kabupaten Gorontalo Utara. Lalu melanjutkan petualang ke lokasi curug sekitar 125 km.

Selama perjalanan Anda akan diajak menaiki kawasan perbukitan, sejuknya angin dataran tinggi turut menemani. Begitu tiba di lokasi Anda akan disambut dengan suasana alam yang damai dan tenang. Tepat di depan mata tampak air terjun dengan ketinggian sekitar 30 meter. Sekelilingnya berupa tebing batu berwarna hitam dan berundak, terkesan gahar tapi menyejukkan.

Air yang jatuh menimbulkan suara gemericik yang mengalun indah, membuat siapapun merasa tentram. Di samping kiri dan kanan air terjun terdapat pepohonan rindang, seakan menambah teduh wisata alam ini. Aliran air dari atas ketinggian mengalir ke kolam alami yang terletak di bawah curug. Tidak perlu khawatir terseret arus sebab debit airnya relatif sedang.
 
Cobalah merasakan segarnya air dengan berenang sepuasnya di kolam tampung. Sensasi dingin dari aliran tersebut terasa menusuk di permukaan kulit. Jika enggan basah-basahan, duduk santai di atas batuan bisa menjadi pilihan. Jangan lupa membawa kamera beresolusi tinggi dan penyimpanan besar. Lanskap alam di sekitar air terjun ini sayang bila lewat dari bidikan kamera.

Alamat: Jl. Desa Didingga, Kec. Biawu, Kab. Gorontalo Utara, Gorontalo.

12. Pantai Biluhu
Untuk mencapai pantai ini Anda sebelumnya harus berjuang dahulu untuk mencapai posisi pantai ini. Karena posisi pantai ini diampit dengan dataran tinggih perbukitan yang membuat pantai ini menjadi salah satu pantai yang tersembunyi. Medan yang harus Anda lalui pun cukup berat beberapa tanjakan serta jalan yang berkelok.

Namun semua hal tersebut nantinya akan di bayar lunas dengan pamandangan pantai yang indah. Serta masih sangat alami dan indah, lelah serta bahaya perjalanan yang Anda lalui tadi akan impas dengan apa yang Anda terima. Penasaran, segera kunjungi tempat ini, mungkin lebih baik jika berkunjung ke tempat ini Anda dengan membawa tenda.h

Alamat: Desa Biluhu Timur, Kec. Batuda’a Pantai, Kab. Gorontalo.

Sumber: https://www.celebes.co/tempat-wisata-gorontalo

Histats